uncategorized

Visitasi Program Doktor (S3) Pendidikan Agama Islam INI DALWA

Sejak berdiri pada 2014, Program Pascasarjana Institut Agama Islam Darullughah Wadda’wah (IAI Dalwa) terus mengembangkan proyek pendidikan.

Pada Ahad, 8 Oktober 2017 Kementrian Agama RI (Kemenag RI) melalui Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Islam (Dirjen Diktis) mengirim tim Assesor untuk melakukan visitasi program doktoral IAI Dalwa.

Prof. Dr. Ahmad Mujahidin dan Rudi Ambari, MA sebagai tim Assesor Kemenag RI didampingi para dosen dan pengurus serta staf pascasarjana pada Sabtu (8/10/2017) pagi melakukan observasi lingkungan kampus dan pesantren.

Prof. Dr. Ali Maschan Moesa, Prof. Dr. Mohammad Baharun dan Dr. Zainal Abidin, M.Pd ikut mendampingi tim Assesor.

Sambil observasi, Mudir Ma’had Dalwa, Habib Zein bin Hasan Baharun memimpin rombongan menjelaskan fasilitas, sarana dan prasarana ma’had.

Tim Assesor tertarik dengan lingkungan kampus berbasis pesantren tersebut. Pak Rudi, terkesan dan menyatakan ingin memiliki pesantren seperti ini kelak. Prof. Mujahidin juga tertarik dengan program bahasa Arab. Ia mengaku akan mengirim santrinya untuk belajar bahasa Arab di Dalwa.

Pukul 10.00, acara dilanjutkan dengan penilaian oleh tim Assesor di ruang kelas program doktor, hotel Dalwa lantai 6.

Tim Assesor menyatakan program doktor pendidikan agama Islam perlu dilanjutkan. Beliau menyampaikan beberapa hal untuk dipenuhi Dalwa.

Yang menarik dari diskusi antara tim Assesor dan civitas akademika Dalwa yang dipimpin Dr. Zainal Abidin selaku direktur Pascasarjana IAI Dalwa, adalah program kelas di luar negeri.

“Kami akan ajak mahasiswa belajar ke Kuala Lumpur Malaysia selama dua minggu untuk mengambil sanad keilmuan Prof. Naquib Al Attas. Setelah itu tabarukan ilmu kepada Dr. Sayid Ahmad al Maliki, Makkah. Dan terakhir mengambil ilmu kepada Dr. Habib Abu Bakar al-Adni”, jelas Dr. Zainal.

Yg menarik lagi, acara ini juga dihadiri oleh Prof. Madya. Dr. Khalif Muammar dari CASIS-UTM Malaysia. Prof. Khalif menerangkan kepentingan kerjasama antara Dalwa dan dosen CASIS – UTM. Beliau juga mendukung proyek pendidikan Dalwa dan berharap dari Dalwa ini lahir generasi seperti yang dicita-citakan pendiri Dalwa.

Civitas akademika Dalwa sangat berharap kerjasama dengan dosen CASIS berlanjut dan menguatkan jaringan keilmuan.

Diharapkan, setelah visitasi dari Kemenag RI, proyek pendidikan Islam di Dalwa semakin maju dalam melahirkan kader-kader ilmuan beradab.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *