Visi & Misi

VISI

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam INI Dalwa adalah lembaga ilmiah yang beradaptasi, mengembangkan, dan membangun disiplin pendidikan dan pengajaran agama Islam dengan memadukan landasan ilmiah (scientific), seni (art), dan pembaruan sosial (social innovation), dalam mengatasi masalah pendidikan dan pengajaran Islam dalam masyarakat Indonesia menuju masyarakat berbudaya (ijtima’ al madaniyah).

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam  INI Dalwa berusaha mengembangkan disiplin pendidikan dan pengajaran agama yang mandiri, dalam arti melakukan kegiatan pembelajaran, penelitian pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat pendidikan dengan orientasi keislaman, keindonesiaan, dan keuniversalan.

Progran Studi Manajemen Pendidikan Islam INI Dalwa berusaha membangun/mengembangkan teori-teori dan model-model serta paradigma pembelajaran, yang berorientasi pada pengembangan potensi dan pemberdayaan kehidupan anak bangsa dengan membangun landasan akidah, syariah, dan akhlak, serta landasan teoretik dan konseptual yang sesuai dengan kondisi pendidikan nasional.

MISI

Masalah pendidikan dan pengajaran agama di kalangan masyarakat Indonesia mengalami perubahan sejalan dengan pembangunan masyarakat tradisional/konvensional menjadi masyarakat madani. Untuk memasuki masyarakat yang berkebudayaan dan berperadaban maju tersebut, perlu dibangun suatu paradigma baru dalam bidang pendidikan/pengajaran (termasuk pendidikan/pengajaran agama) yang lebih sesuai dengan pola pikir masyarakat yang makin dinamis. Atas dasar ini Program Studi MPI mendeklarasikan misinya sebagai berikut:

  1. Menyiapkan tenaga ahli pendidikan agama yang mampu mengembangkan sistem pendidikan yang menghasilkan terbentuknya kepribadian muslim kaffah.
  2. Menghasilkan ilmuwan pendidikan agama Islam yang mampu mengadakan penelitian dan pengembangan sistem pembelajaran yang mewujudkan kompetensi ilmiah (academical effect) dan performansi sikap dan keterampilan (nurturant effect) bermutu tinggi.