Berita Kampus

Silaturrahmi KPAIS Kopertais IV Surabaya di IAI al-Khairat Pamekasan

Pada upaya finalisasi KPT KKNI, Forum Silaturahmi KPAIS di bawah naungan Kopertais Wilayah IV Surabaya mengadakan workshop di Auditorium IAI Al-Khairat Pamekasan, Sabtu (10/11/2018), dalam kegiatan tersebut IAI Dalwa mengutus Kaprodi PAI yaitu Ernaka Heri Putra Suharyanto, M.Pd.I.

Dalam pertemuan itu dilaksanakan penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) beracuan pada KPT KKNI yang dipimpin oleh Abdul Hafidz (STAI At-Taqwa Bondowoso). Pada paparannya beliau membreakdown pembuatan RPS ini dimulai dari penentuan jumlah SKS yang berdampak pada penyebutan istilah lama penentuan Capaian Mata Kuliah.

Kemudian disepakati juga tentang bahan ajar yang akan disusun yaitu Mata Kuliah Standar Kompetensi berbasis Program Studi Pendidikan Islam (Ilmu Pendidikan Islam) yang hal ini dipandu oleh Dr. Muhammad Husni (IAI Al-Qalam Malang), Rencana dan Desain Pembelajaran PAI dipimpin oleh Dr. Wahyu Parihin, M.Pd (IAI Al-Khoziny) dan Model dan Strategi Pembelajaran PAI yang dipimpin oleh Dr. Ismail, M.Pd.I (STAI Nazhatut Thullab Sampang). Hasil dari pembuatan tiga buku ajar tersebut akan di presentasikan pada pertemuan KPAIS selanjutnya pada bulan Mei 2019 di IAI Darullughah Wadda’wah Bangil Pasuruan.

KPAIS selaku induk resmi Program Studi Pendidikan Agama islam (PAI) yang dibentuk oleh Kopertais IV Surabaya mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk membina dan mengembangkan Prodi PAI diseluruh PTKIS Kopertais IV Surabaya, maka pada ajang silaturrahmi ini disepakati oleh semua anggota yang hadir beserta ketua KPAIS untuk memformalkan tugas dan wewenang tersebut dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) antar KPAIS dengan seluruh anggota KPAIS Kopertais IV untuk melakukan tridarma perguruan tinggi yang sasarannya adalah Program Studi PAI PTKIS IV Surabaya. Sehingga dengan MoU ini secara otomatis antar satu Prodi PAI PTKIS satu dengan yang lainnya dibawah KPAIS saling ada keterkaitan. Pembuatan jurnal juga menjadi program jangka panjang KPAIS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *