Berita Kampus

PERAN SERTA DOSEN IAI DALWA DALAM PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat disamping melaksanakan pendidikan sebagaimana diamanahkan oleh Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 20. Sejalan dengan kewajiban tersebut, Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 45 menegaskan bahwa penelitian di perguruan tinggi diarahkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa. Dalam pasal tersebut juga ditegaskan bahwa pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan sivitas akademika dalam mengamalkan dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat IAI DALWA diarahkan mampu menghasilkan penelitian yang sesuai dengan prioritas nasional yang ditetapkan oleh Pemerintah seperti bisa menjamin pengembangan penelitian unggulan spesifik berdasarkan keunggulan komparatif dan kompetitif, mampu mencapai dan meningkatkan mutu sesuai target dan relevansi hasil penelitian bagi masyarakat Indonesia serta mampu meningkatkan diseminasi hasil penelitian dan perlindungan HKI (Hak Kekayaan Intelektual) secara nasional dan internasional.

Keikutsertaan Dosen IAI Dalwa dalam berbagai kegiatan pelatihan penelitian terus di tingkatkan. Seperti pada kegiatan yang diadakan oleh Forum Komunikasi Dosen Peneliti (FKDP) Kopertais Wilayah IV bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Yudharta Pasuruan (LPPM UYP) dalam “Pelatihan Pengabdian Masyarakat Berbasis Riset (Metodologi PAR, ABCD, CBR, dan Service Learning)” selama dua hari, 29-30 Januari 2018 lalu di Hotel Permata Biru Prigen Pasuruan, Dosen IAI Dalwa yang diwakili oleh Imaduddin,M.Pd.I (Wakil Rektor 1), Akhmad Sahrandi,M.Pd.I (Ketua Lemlit), Asep Rahmatullah,M.Pd.I (Sekprodi BKI) dan Moch. Hafidz Fuad Raya,M.Pd.I (Dosen) ikut berperan serta dengan 115 Dosen lain dari 44 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIS).

Dosen IAI Dalwa akan terus berperan aktif dalam kegiatan research dan PKM, kemudian akan mengevaluasi pada setiap kegiatannya sehingga kegiatan itu akan berkesinambungan dalam mencetak Dosen yang handal serta mampu menghasilkan karya ilmiah penelitian dan mengangkat reputasi kampus pada kancah Nasional dan Internasional khususnya dalam Publikasi Ilmiah.

IAI DALWA akan terus meningkatkan kualitas pengabdian, sehingga dapat mewujudkan sinergitas antara Perguruan Tinggi dengan masyarakat. Pengabdian yang dilakukan akan dilandasi oleh latar belakang persoalan yang terjadi di masyarakat dan menawarkan solusi yang berkelanjutan. Pengabdian yang dilaksanakan juga disesuaikan dengan kebutuhan lokal dan melibatkan masyarakat dalam mewujudkan solusinya, sehingga hasilnya dapat maksimal,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *