Mahasiswa

MAKNA PELAKSANAAN KKN MAHASISWA IAI DALWA DI DESA GENDRO DAN TLOGOSARI KECAMATAN TUTUR

Kuliah kerja nyata merupakan bagian dari penyelenggaraan pendidikan  dalam bentuk kegiatan pengalaman ilmu, teknologi, dan seni oleh mahasiswa kepada masyarakat. Kuliah kerja nyata dilaksanakan secara melembaga dan terstruktur sebagai bagian dari pelaksanaan kurikulum pendidikan tinggi, yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa program studi ilmu hukum strata satu (S1) dengan status intrakurikuler wajib.

Dalam kuliah kerja nyata mahasiswa didorong untuk mengadakan kegiatan di luar bidang studi dan mahasiswa dapat melakukan studi lintas disiplin ilmu dengan teman dari pelbagai prodi lain maupun melakukan diskusi, bertukar pikiran serta pengalaman baik dengan teman maupun masyarakat tempat lokasi kuliah kerja nyata (KKN), yang hasilnya dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, yakni  mahasiswa, pemerintah dan masyarakat.

Pelaksanaan KKN 2017 kali ini terasa sangat berbeda dari Pelaksanaan KKN tahun sebelumnya karena KKN sekarang terasa lengkap sebab di ikuti oleh mahasiswa akhir semua prodi yaitu PAI, PBA, MPI, AS, ES, BKI, MPI, SKI. Kegiatan KKN edisi terbaru ini di fokuskan pada 2 Desa yaitu Desa Gendro dan Tlogosari yang berkecamatan yang sama yaitu Tutur.

KKN mahasiswa IAI Dalwa merupakan Keterpaduan antara pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yang termanifestasikan dalam Tri Dharma PT.

Melalui KKN diharapkan mahasiswa IAI Dalwa mengenal persoalan masyarakat yang bersifat “cross sectoral” serta belajar memecahkan masalah dengan pendekatan ilmu (interdisipliner). Mahasiswa perlu menelaah dan merumuskan masalah yang dihadapi masyarakat serta memberikan alternatif pemecahannya (penelitian), kemudian membantu memecahkan dan menanggulangi masalah tersebut.

Program KKN IAI Dalwa bertujuan untuk mengoptimalkan pencapaian maksud dan tujuan perguruan tinggi, yakni :

  1. Menghasilkan sarjana yang menghayati permasalahan masyarakat  dan mampu memberi solusi permasalahan secara pragmatis.
  2. Membentuk kepribadian mahasiswa sebagai kader pembangunan dengan wawasan berfikir yang komprehensif.

Hal yang sangat diharapkan dengan pelaksanaan KKN IAI Dalwa di Desa Gendro dan Tlogosari Kecamatan Tutur bermanfaat antara lain :

  1. Bagi Mahasiswa :
  • Mendapatkan pemaknaan dan penghayatan mengenai manfaat ilmu,teknologi, dan seni bagi pelaksanaan pembangunan.
  • Ketrampilan dalam merumuskan serta memecahkan persoalan yang bersifat “cross sectoral” secara pragmatis ilmiah dengan pendekatan interdisipliner.
  • Tumbuhnya rasa kepedulian sosial dan rasa kesejawatan.
  1. Bagi Masyarakat dan Pemerintah :
  • Pemberian bantuan pemikiran dan tenaga dalam pemecahan masalah pembangunan daerah setempat.
  • Pola pikir dalam merencanakan, merumuskan, melaksanakan berbagai program pembangunan, khususnya dipedesaan yang kemungkinan masih dianggap baru bagi masyarakat setempat.
  • Tumbuhnya dorongan potensi dan inovasi di kalangan anggota masyarakat setempat dalam upaya memenuhi kebutuhan lewat  pemanfaatan ilmu dan teknologi.
  1. Bagi Perguruan Tinggi.
  • Melalui mahasiswa/ dosen pembimbing, diperoleh umpan-balik sebagai pengayaan materi kuliah, penyempurnaan kurikulum,  dan sumber inspirasi bagi suatu rancangan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang lain atau penelitian.
  • Diperolehnya bahan masukan bagi peningkatan atau perluasan kerjasama dengan pemerintahan setempat, termasuk dengan instansi vertikal yang terkait.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *