Berita Kampus

2 Mahasiswa IAI DALWA Lolos dalam International Converence on Pesantren Studies

Perhelatan akbar dalam rangka memperingati hari santri nasional yang berlangsung di Yogyakarta tepatnya di Pondok Pesantren al Munawwir Krapyak dan Pondok Pesantren Ali Maksum Krpayak (10-12 Oktober 2018) berlangsung meriah. Acara yang dibuka oleh Menteri agama tersebut setidaknya di hadiri oleh 3500 orang yang terdiri dari peneliti, undangan dan para Kiyai.

Pembicara juga sangat beragam dan berbaagai negara. Di antaranya, ulama dari Universitas Al Azhar Syekh Bilal Mahmud Ghanim, Duta Besar Inggris Muazzam Malik, Directur Official Leiden University Marrio Ballen, Guru Besar UIN Jogjakarta, Prof. Dr. KH. Sahiron Samsudin, Pimpian Pondok Modern Gontor Dr. KH Fahmi Ammar Zarkasi dan ulama Ma’had Ali Ibrahimy, KH Afifuddin Muhadjir, dan lain-lain.

Acara yang berlangsung dari pagi hingga malam tersebut terbilang cukup menarik. Disamping acara seminar, bedah buku dan presentasi dari peserta yang lolos call papers, acara ini juga dimeriahkan dengan acara panggung krapyak, yaitu malam kebudayaan diantaranya di isi oleh Habiburahman El-Shirazy (Penulis Ayat-ayat Cinta), Sosiawan Leak (Sastarwan), Helvi Tiana Rosa (Novelis), Veve Zulvikar (Sholawat Milenial).

Hal patut disukuri ada 2 tulisan Mahasiswa IAI Dalwa yang lolos dan berhak persentasi di ajang bergensi tersebut, yaitu tulisan M. Alfi Fakhrudin, Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam yang meneliti “Santri Galau” dan Sahrul Hidayat, Mahasiswa Ekonomi Syariah yang meneliti “Hotel Syariah Berbasis Pesantren”.

Hari tertakhir di tutup di Burza Hotel dengan berbagai rekomendasi yang telah disikusikan oleh para Muktamirin. Harapannya acara ini membawa manfaat bagi pengembangan keilmuan pesantren. [ART]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *